launchora_img

Apa Perbedaan Antara Kabel Ethernet CAT5e dan CAT6?

Info

Saat menggunakan Kabel Ethernet, kita sering mendengar istilah Kabel CAT5e dan Kabel CAT6, lalu apa bedanya? Kedua kabel ini disebut sebagai kabel tembaga twisted pair, keduanya memiliki 8 kabel tembaga berisolasi individu dan keduanya biasanya diakhiri dengan konektor RJ-45. Jadi apa masalahnya?

Standar data Ethernet asli menggunakan kabel koaksial tembaga untuk mentransfer data pada jaringan packet-switched awal.

10Base5

Jaringan 10Base5 menggunakan kabel koaksial impedansi 50 ohm 0,375 inci yang cukup kaku, dan sering dicirikan oleh lapisan isolasi eksternal berwarna kuning krem. Itu sering melekat pada dinding mirip dengan Rel Dado dan sering dikenal sebagai Ethernet Tebal. Ini dirancang untuk melewatkan sinyal Ethernet pada 10 Mbps melalui jarak maksimum 500 meter, dan ini dapat diperpanjang hingga 2500 meter menggunakan 4 repeater.

10Base2

Jaringan 10Base2 menggunakan kabel koaksial impedansi 50 ohm yang jauh lebih tipis dan lebih fleksibel daripada 10Base5, tetapi sinyal Ethernet masih dirancang untuk ditransmisikan melalui media ini pada 10 Mbps, meskipun dalam jarak yang jauh lebih pendek sekitar 185 meter, yang dapat diperpanjang hingga 925 meter dengan penambahan 4 repeater. Baik standar 10Base5 dan 10Base2 sebagian besar telah menjadi usang dan kabel twisted pair sekarang menjadi media jaringan kabel yang umum.

Kabel Ethernet Twisted Pair

10BaseT dikembangkan pada awal 1980-an dan terutama menggunakan kabel Kategori 3 untuk transmisi hingga 10 Mbs pada jarak hingga 100 meter. Standar Ethernet berevolusi untuk memasukkan transmisi kecepatan data yang lebih cepat dan standar 10BaseTx 100 Mbps dan 1000Baset 1000 Mbps diperkenalkan. Kabel Cat3 tidak lagi memiliki respons bandwidth yang cukup untuk menangani teknologi yang lebih cepat ini sehingga standar kabel Cat5 dan Cat5e diperkenalkan yang memungkinkan kecepatan data masing-masing hingga 100 Mbps dan 1000 Mbps. Standar Cat5 asli baik-baik saja untuk transmisi 100BaseTx tetapi dengan cepat digantikan oleh Cat5e karena standar 1000BaseT menjadi biasa.

Jadi apa perbedaan antara Kabel CAT5e dan CAT6? Nah kabel dibangun dengan cara yang sama dengan 4 pasang tembaga, membuat total 8 kabel. Setiap pasang kabel diberi kode warna dan dipilin satu sama lain untuk membantu mengurangi Crosstalk. Kabel Cat5e memiliki rating hingga 100Mhz dan mendukung hingga 1 Gigabit Ethernet, sedangkan kabel Cat6 memiliki rating hingga 250Mhz dan dapat mendukung 10 sinyal Ethernet Gigabit.

Kabel Ethernet Cat6 memiliki lebih dari 2 lilitan per sentimeter sedangkan Kabel Ethernet Cat5e hanya memiliki 1,5 hingga 2 lilitan per sentimeter. Hasilnya adalah Kabel Cat6 melindungi lebih baik dari Crosstalk. Perbedaan lainnya adalah bahwa ketebalan selubung juga lebih besar ketika membandingkan Cat6 dengan Cat5e. Beberapa kabel Kategori 6 sebenarnya memiliki Nylon Spine dan kombinasi tulang belakang ini dan selubung yang lebih tebal melindungi dari Near End Crosstalk (NEXT) dan Alien Crosstalk (AXT), yang dapat meningkat seiring dengan meningkatnya frekuensi.

Kebanyakan jual kabel nya yang digunakan adalah UTP (Unshielded Twisted Pair), karena ini adalah kabel yang direkomendasikan untuk digunakan antara perangkat periferal Anda seperti komputer dan stopkontak. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) direkomendasikan untuk digunakan untuk instalasi di luar ruangan dan juga untuk kabel yang berjalan di dalam dinding internal.

Kabel terdampar lebih fleksibel dan lebih sering digunakan untuk stopkontak komputer ke dinding dan untuk penggunaan jaringan rumah secara umum, tetapi seringkali bisnis biasanya lebih memilih kabel padat ketika menyangkut kabel di dalam dinding dan saluran kabel karena kekuatannya yang unggul dan kinerja jaringan yang ditingkatkan .


Be the first to recommend this story!
launchora_img
More stories by Gerome
Surfing Serenity: Lessons in Canggu

Surfing Serenity: Lessons in Canggu

00
Jasa Pasang Wallpaper untuk Rumah Anda

Jasa Pasang Wallpaper untuk Rumah Anda

00
Neon Box dan Huruf Timbul dari PT Chico Multi Krea...

Neon Box dan Huruf Timbul dari PT Chico Multi Kreasi

00

Stay connected to your stories

Apa Perbedaan Antara Kabel Ethernet CAT5e dan CAT6?

63 Launches

Part of the Life collection

Published on November 13, 2022

Recommended By

(0)

    WHAT'S THIS STORY ABOUT?

    Characters left :

    Category

    • Life
      Love
      Poetry
      Happenings
      Mystery
      MyPlotTwist
      Culture
      Art
      Politics
      Letters To Juliet
      Society
      Universe
      Self-Help
      Modern Romance
      Fantasy
      Humor
      Something Else
      Adventure
      Commentary
      Confessions
      Crime
      Dark Fantasy
      Dear Diary
      Dear Mom
      Dreams
      Episodic/Serial
      Fan Fiction
      Flash Fiction
      Ideas
      Musings
      Parenting
      Play
      Screenplay
      Self-biography
      Songwriting
      Spirituality
      Travelogue
      Young Adult
      Science Fiction
      Children's Story
      Sci-Fantasy
      Poetry Wars
      Sponsored
      Horror
    Cancel

    You can edit published STORIES

    Language

    Delete Opinion

    Delete Reply

    Report Content


    Are you sure you want to report this content?



    Report Content


    This content has been reported as inappropriate. Our team will look into it ASAP. Thank You!



    By signing up you agree to Launchora's Terms & Policies.

    By signing up you agree to Launchora's Terms & Policies.