launchora_img

Illustration by @_ximena.arias

Contoh Press Release Berita Dan Tips Menulisnya

Info

Bingung bagaimana membuat press release sering dialami oleh staf humas ketika harus menyiarkan informasi tentang perusahaan kepada media, bagaimana contoh press release berita?

Jika Anda seperti itu, Anda bisa melihat contoh press release perusahaan ini sebagai gambaran cara membuat press release yang baik dan benar.

Piramida terbalik dalam tulisan siaran pers

Sebelum anda membuat press release, ketahui dulu bahwa umumnya proses pembuatan press release menggunakan struktur piramida terbalik.

Piramida terbalik dalam penulisan press release adalah saat Anda menyampaikan informasi penting di awal paragraf. Kemudian taruh informasi tambahan di paragraf selanjutnya dan di paragraf terakhir taruh saja informasi yang dianggap kurang penting.

Kenapa harus piramida terbalik? Karena anda akan memberikan informasi press release kepada wartawan, dimana mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca semua informasi yang anda berikan.

Oleh karena itu, untuk menyampaikan esensi siaran pers, digunakan format piramida terbalik ini. Selain itu format ini sudah banyak digunakan oleh para jurnalis dalam membuat berita. Bagaimana contoh press release berita?

Apalagi jika melihat hasil riset yang menunjukkan bahwa hanya 10 persen pembaca yang membaca berita hingga paragraf terakhir dan kebanyakan 70 persen membaca paragraf pertama. Penjelasan informasi press release dengan struktur piramida terbalik ini adalah:

- Paragraf awal harus memuat informasi penting tentang 5w+1h (apa, kapan, di mana, mengapa, siapa dan bagaimana) yang akan dibagikan perusahaan kepada wartawan.

- Paragraf kedua, jika bukan elemen 5w+1h dinyatakan dalam paragraf pembuka, sehingga Anda dapat memasukkan sisanya di paragraf kedua bersama dengan kutipan untuk mendukung siaran pers.

- Paragraf ketiga, menjelaskan detail produk, fitur produk, keunggulan produk atau kutipan dari seseorang di perusahaan yang memiliki pengetahuan tentang produk tersebut.

- Alinea keempat, berisi uraian tentang usaha, visi dan misi usaha serta dilengkapi dengan informasi kontak media perusahaan yang bersangkutan.

Bagaimana Contoh Siaran Pers?

Meskipun masih mencantumkan siaran pers, namun tujuan siaran pers untuk kegiatan ini berbeda dengan siaran pers launching. Kalian sudah penasaran mengenai contoh press release berita?

Berikut ini tentang jenis kegiatan press release tujuan yang harus anda ketahui, diantaranya:

- Siaran pers dari acara terbuka yang akan datang di mana perusahaan bermaksud mengundang media untuk menjadi penonton.

- Press release kegiatan terbuka yang telah dilakukan.

- Siaran pers acara tertutup yang akan datang di mana perusahaan bermaksud mengundang wartawan atau hanya mengumumkan akan berlangsung.

- Siaran pers kegiatan tertutup yang telah dilakukan.

Format siaran pers acara hampir sama dengan format contoh siaran pers peluncuran produk di atas. Simak contoh press release berita yang akan kami sampaikan.

Untuk mengetahui contoh press release kegiatan dapat dilihat pada contoh di bawah ini dan termasuk dalam jenis press release kegiatan terbuka yang pernah dilakukan.

Pameran Edu Fair 2021 yang diselenggarakan oleh Education One di Jakarta diikuti oleh 30 universitas di Jerman.

Jakarta, 12 Juni 2022 – One Education kembali menggelar pameran Eduka Fair 2020 dan telah bekerjasama dengan 30 institusi pendidikan terkemuka di Jerman yang berlokasi di gedung Smesco. Melalui acara ini, ratusan siswa SMA se-Jabodetabek antusias mengikuti pameran Edufair 2022.

Banyak siswa berkonsultasi dengan konsultan pendidikan untuk mencari informasi dan persiapan belajar di Jerman. Selain itu, dalam acara tersebut, siswa dan orang tua juga berkesempatan mengikuti seminar dan workshop dengan berbagai tema, seperti, mendapatkan beasiswa melalui LPDP BP, tips mendapatkan beasiswa di Erasmus hingga cara mendapatkan beasiswa dari Program Keunggulan Germany.

Tujuan diselenggarakannya Eduka Fair 2021 adalah menjadi sarana bagi para pelajar dan orang tua untuk mengetahui seluk beluk pendidikan di Jerman yang merupakan salah satu tujuan pendidikan yang paling diminati masyarakat Indonesia.

“Kami senang dapat menjadi penghubung antara pelajar Indonesia dengan lembaga pendidikan di Jerman melalui Eduka Fair 2022. Dengan ini, pelajar dapat memperoleh gambaran tentang pendidikan di Jerman, program studi, beasiswa, dan biaya hidup di Prancis langsung dari para ahli.

Kami berharap kegiatan ini dapat terus kita lakukan agar dapat terus berkontribusi bagi pendidikan Indonesia,” ujar direktur One Education.

Tentang One Education

One education adalah lembaga pendidikan internasional yang menyediakan informasi tentang belajar di luar negeri untuk siswa. Sejak berdiri pada tahun 2010, Education One telah bekerjasama dengan 110 institusi pendidikan di Eropa dan secara aktif terus mengadakan pameran pendidikan rutin bagi para pelajar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses website atau instagram resminya.

Jangan lupa sertakan foto atau video kegiatan tersebut dalam press release Anda karena ini sangat penting sebagai gambaran berita yang akan dimuat oleh media. Apabila anda kesulitan, bisa menggunakan Jasa press release berkualitas dan terpercaya.

Nah, dengan melihat contoh press release di atas, sekarang sudah paham kan bagaimana cara membuat press release? Dengan mengacu pada format atau struktur piramida terbalik, maka akan memudahkan Anda dalam membuat siaran pers ini.

Demikian ulasan yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai contoh press release berita, semoga bermanfaat.


Be the first to recommend this story!
launchora_img
More stories by Namu
10 Rekomendasi Film Netflix Indonesia: Netflix dan...

10 Rekomendasi Film Netflix Indonesia: Netflix dan Ngakak!

00
10 Pemeran di Ms. Marvel: Jagoan Keren yang Seru A...

10 Pemeran di Ms. Marvel: Jagoan Keren yang Seru Abis!

00
Apa Nama Palu Thor? Palu Super Gede yang Bikin Mus...

Apa Nama Palu Thor? Palu Super Gede yang Bikin Musuh Keteteran!

00

Stay connected to your stories

Contoh Press Release Berita Dan Tips Menulisnya

70 Launches

Part of the Life collection

Updated on January 06, 2023

Recommended By

(0)

    WHAT'S THIS STORY ABOUT?

    Characters left :

    Category

    • Life
      Love
      Poetry
      Happenings
      Mystery
      MyPlotTwist
      Culture
      Art
      Politics
      Letters To Juliet
      Society
      Universe
      Self-Help
      Modern Romance
      Fantasy
      Humor
      Something Else
      Adventure
      Commentary
      Confessions
      Crime
      Dark Fantasy
      Dear Diary
      Dear Mom
      Dreams
      Episodic/Serial
      Fan Fiction
      Flash Fiction
      Ideas
      Musings
      Parenting
      Play
      Screenplay
      Self-biography
      Songwriting
      Spirituality
      Travelogue
      Young Adult
      Science Fiction
      Children's Story
      Sci-Fantasy
      Poetry Wars
      Sponsored
      Horror
    Cancel

    You can edit published STORIES

    Language

    Delete Opinion

    Delete Reply

    Report Content


    Are you sure you want to report this content?



    Report Content


    This content has been reported as inappropriate. Our team will look into it ASAP. Thank You!



    By signing up you agree to Launchora's Terms & Policies.

    By signing up you agree to Launchora's Terms & Policies.