launchora_img

Mitos Public Relation: Semua Public Relation Bagus

Info

Apakah semua public relation bagus? Tentu Tidak! Public Relation yang buruk atau negatif dapat merusak, menodai merek, dan tidak dapat diubah. Seperti yang bisa dilihat dalam perkembangan terakhir dengan perusahaan kecil bernama BP, PR apapun pasti bukan PR yang bagus.

Mitos di atas mungkin ada benarnya jika Anda (sebagai perusahaan, merek, orang, dll.) tidak peduli dengan orang yang menyukai Anda, membeli produk atau layanan Anda, atau menganjurkan Anda kepada orang lain. Kalau kamu peduli dengan hal-hal itu, tidak semua PR itu bagus.

PR yang negatif dapat menyebar jauh dan luas (dan dengan cepat, dalam hal ini) dengan metode komunikasi baru dan lebih baik yang disediakan internet. Setiap orang dan siapa saja bisa menjadi advokat untuk merek Anda, atau lawan. Menilik dari sejarah public relation, PR negatif ini membuat tim humas bekerja lebih keras untuk tidak hanya mempertahankan merek tetapi juga mengantisipasi dan mencoba meredakan krisis secara online.

Tidak Semua Public Relation Bagus

Inilah alasan mengapa tidak semua PR adalah PR yang baik. Alasan mitos ini menjadi kenyataan di masa lalu adalah, meskipun informasi yang beredar negatif, orang-orang masih mengetahui Anda. (Jika kesadaran adalah yang terpenting, kita semua akan menjadi profesional PR.)

Untuk membangkitkan minat pada perusahaan Anda, untuk menciptakan pembeli dan pelanggan setia, PR Anda harus positif. PR negatif mungkin membuat orang ke situs Anda, tetapi itu tidak akan membuat mereka langsung bergabung dengan apa pun yang Anda jual (produk, ide, atau lainnya).

PR mungkin berbeda dari segi penjualan atau pemasaran dalam beberapa hal, tetapi alasan utamanya mungkin karena PR berkaitan dengan hasil akhir dari keseluruhan kampanye dan alat-alat promosi yang digunakan.

Jika hasil akhirnya tidak positif, meskipun Anda mungkin sedikit berhasil dalam beberapa taktik yang digunakan di seluruh rencana, kampanye tersebut tidak berhasil. Hasil akhirnya harus positif dan sukses. (Untuk mengukur kesuksesan itu, pastikan untuk membuat tolok ukur untuk menetapkan hasil rencana Anda.)

Memastikan Public Relation Bagus

Jadi, bagaimana Anda memastikan bahwa sebagian besar PR adalah PR yang baik untuk Anda dan perusahaan Anda? Ambil tanggung jawab, dan bertindak. (Ini semua cara Anda bereaksi dan menanggapi krisis.) Jika Anda melihat PR negatif berdengung di dunia maya, lakukan sesuatu.

Bisakah Anda memperbaiki situasi dengan menawarkan pemikiran yang berlawanan? Bisakah Anda mengubah pikiran penyebar WOM (word of mouth) negatif dengan berbagi informasi/fakta/data? Bisakah Anda menawarkan solusi untuk pelanggan yang tidak bahagia? Saya yakin Anda bisa melakukan semua hal di atas.

Namun, hal terpenting yang harus dilakukan adalah langkah pertama yang disebutkan di atas: bertanggung jawab. Tidak ada yang peduli jika itu bukan salahmu; jika media membangun Anda untuk menjadi serigala besar yang jahat, Anda akan menjadi seperti itu. Minta maaf terlepas dari kepemilikan masalah, dan mulai bekerja untuk menceritakan dan menciptakan solusi. Bagaimana menurut Anda, bagaimanakah contoh public relation yang baik?


Be the first to recommend this story!
launchora_img
More stories by Namu
10 Rekomendasi Film Netflix Indonesia: Netflix dan...

10 Rekomendasi Film Netflix Indonesia: Netflix dan Ngakak!

00
10 Pemeran di Ms. Marvel: Jagoan Keren yang Seru A...

10 Pemeran di Ms. Marvel: Jagoan Keren yang Seru Abis!

00
Apa Nama Palu Thor? Palu Super Gede yang Bikin Mus...

Apa Nama Palu Thor? Palu Super Gede yang Bikin Musuh Keteteran!

00

Stay connected to your stories

Mitos Public Relation: Semua Public Relation Bagus

109 Launches

Part of the Life collection

Updated on February 14, 2023

Recommended By

(0)

    WHAT'S THIS STORY ABOUT?

    Characters left :

    Category

    • Life
      Love
      Poetry
      Happenings
      Mystery
      MyPlotTwist
      Culture
      Art
      Politics
      Letters To Juliet
      Society
      Universe
      Self-Help
      Modern Romance
      Fantasy
      Humor
      Something Else
      Adventure
      Commentary
      Confessions
      Crime
      Dark Fantasy
      Dear Diary
      Dear Mom
      Dreams
      Episodic/Serial
      Fan Fiction
      Flash Fiction
      Ideas
      Musings
      Parenting
      Play
      Screenplay
      Self-biography
      Songwriting
      Spirituality
      Travelogue
      Young Adult
      Science Fiction
      Children's Story
      Sci-Fantasy
      Poetry Wars
      Sponsored
      Horror
    Cancel

    You can edit published STORIES

    Language

    Delete Opinion

    Delete Reply

    Report Content


    Are you sure you want to report this content?



    Report Content


    This content has been reported as inappropriate. Our team will look into it ASAP. Thank You!



    By signing up you agree to Launchora's Terms & Policies.

    By signing up you agree to Launchora's Terms & Policies.